About Me

About Me
Writer, Pengelola Rumah Baca Istana Rumbia, Staff redaksi Tabloid Taman Plaza, Admin Yayasan CENDOL Universal Nikko (Koordinator bedah cerpen OCK), perias dan Make-up artist PELANGI Asosiasi Entertainment, Crew Wonosobo Costume Carnival dan Crew 'A' Event Organizer (Multazam Network), pernah bekerja di Hongkong dan Singapura. Cerpenis Terbaik VOI RRI 2011, dan diundang untuk Upacara HUT RI ke 66 di Istana Negara bersama Presiden RI. BMI Teladan yang mengikuti Sidang Paripurna DPR RI 2011 dan menjadi tamu Ketua DPD RI. Dinobatkan sebagai Pahlawan Devisa Penulis Cerpen BNP2TKI Tahun 2011. Pemuda Pelopor Dinas Pendidikan, pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah kategori Seni-Budaya Tahun 2012. Menyukai langit, stasiun kereta, dan warna biru. Salah satu penulis Undangan Event Ubud Writers and Readers Festival 2011 di Ubud, Bali. Dapat dihubungi via Email FB/YM : Nessa_kartika@yahoo.com.

Wednesday, July 2, 2014

Lomba Cerpen Hari Jadi Wonosobo 189 DL 24 Juli 2014

Kata Wonosobo berasal dari bahasa Jawa Wanasaba, yang secara harafiah berarti: "tempat berkumpul di hutan". Seiring waktu, Wonosobo merupakan kota wisata yang kental dengan kebudayaan, hal ini diantaranya karena adanya peninggalan peradaban Hindu Kuno di pegunungan Dieng.

Kota asri yang adem, tenang dan sunyi menjadi ciri kabupaten kita. Namun, hawa dingin, kabut, jalan berliku, persawahan, pertanian dan hutan menjadi sesuatu yang menarik untuk dituliskan. Ditambah dengan kekayaan kebudayaan, kesenian, kearifan lokal, kuliner serta legenda di tiap desa menjadikan harta tak ternilai, hal yang juga sayang jika tidak terdokumentasikan. Menuliskannya adalah juga salah satu cara mempromosikan kekayaan yang dimiliki Kabupaten Wonosobo di mata dunia. 

Komunitas sastra Bimalukar mengajak para blogger dan penulis untuk menceritakan tentang Kabupaten Wonosobo dalam sebuah cerita pendek atau cerpen. Cerpen bergaya bebas, namun harus menceritakan tentang Kabupaten Wonosobo. Cerita fiksi atau diangkat dari kisah nyata tentang pesona, kebudayaan, penduduk dan segala hal tentang Kabupaten Wonosobo. 

Event ini diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke 189. Hal ini merupakan kontribusi Komunitas Sastra Bimalukar kepada Kabupaten Wonosobo. Selamat Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke 189. Dirgahayu!


SYARAT DAN KETENTUAN

1. Lomba terbuka untuk Umum. Siapa saja boleh ikut tidak terbatasi oleh domisi, etnis, suku, ras, atau agama. 
2. Peserta tidak dipungut biaya apapun (100 persen gratis) 
3. Peserta memiliki blog pribadi, bisa menggunakan domain berbayar atau gratis. Bisa pakai Wordpress, .Blogspot, Thumblr, Blogdetik, atau yang lain. 
4. Tema Cerpen adalah “Kabupaten Wonosobo”. Sub tema : “Pelestarian Nilai Budaya Menuju Kota Investasi, Wisata, Adipura dan Bunga” 
5. Panjang cerpen maksimal 10.000 kata 
6. Cerpen diposting dalam blog, 
Dibawah postingan, sertakan tulisan "Cerpen ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Cerpen #HariJadiWonosobo189" dan diberi link hidup menuju postingan note ini. 
7. Cerpen merupakan karya asli, bukan plagiat atau copy paste, tidak SARA, tidak Alay, boleh disertai gambar, foto, dll. 
8. Peserta mendaftar dengan mengirim link ke : ks.bimalukar@gmail.com 
Subjek email : CERPEN WONOSOBO dengan format : 
        Nama : 
        Alamat : 
        No. Hp : 
        URL : 
       Akun FB/Twiter :

9. Diutamakan sharing sebanyak-banyaknya link cerpen ke FB, Twitter atau G+ dengan menyertakan ucapan “Selamat Hari Jadi Wonosobo ke 189 Tahun”
10. Cerpen yang diikutsertakan akan menjadi milik panitia.
11. Pemenang mempunyai kesempatan karyanya dibukukan.

Deadline dan Pengumuman Pemenang

Deadline Lomba Cerpen #HariJadiWonosobo189 pada 24 Juli 2014 pukul 23.59 WIB
Pengumuman Pemenang pada tanggal 4 Agustus 2014 di Blog http://komunitas-sastra-bimalukar.blogspot.com dan akun-akun sosmed Komunitas Sastra Bimalukar Wonosobo, twitter : @WSBimalukar (https://twitter.com/WSBimalukar)

Keputusan pemenang mutlak ada di tangan dewan juri. Keputusan tidak dapat diganggu gugat. Pemenang lomba dipilih berdasarkan kualitas tulisan. 
Contact: Jusuf (085230373555), 082171937266 (Nessa), 085729641999 (Hening)

No comments:

Post a Comment