About Me

About Me
Writer, Pengelola Rumah Baca Istana Rumbia, Staff redaksi Tabloid Taman Plaza, Admin Yayasan CENDOL Universal Nikko (Koordinator bedah cerpen OCK), perias dan Make-up artist PELANGI Asosiasi Entertainment, Crew Wonosobo Costume Carnival dan Crew 'A' Event Organizer (Multazam Network), pernah bekerja di Hongkong dan Singapura. Cerpenis Terbaik VOI RRI 2011, dan diundang untuk Upacara HUT RI ke 66 di Istana Negara bersama Presiden RI. BMI Teladan yang mengikuti Sidang Paripurna DPR RI 2011 dan menjadi tamu Ketua DPD RI. Dinobatkan sebagai Pahlawan Devisa Penulis Cerpen BNP2TKI Tahun 2011. Pemuda Pelopor Dinas Pendidikan, pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah kategori Seni-Budaya Tahun 2012. Menyukai langit, stasiun kereta, dan warna biru. Salah satu penulis Undangan Event Ubud Writers and Readers Festival 2011 di Ubud, Bali. Dapat dihubungi via Email FB/YM : Nessa_kartika@yahoo.com.

Saturday, September 8, 2012

[Event] Mengawal Geliat Sastra Wonosobo

Bp.Sugiyatno pembicara dari Kebumen
Sabtu, 8 September 2012 menjadi hari yang bersejarah bagi Wonosobo khususnya bagi dunia penulisan (literasi). Pasalnya, pada hari itu telah sukses digelar acara louncing dan bedah dua buku karya penulis-penulis Wonosobo dan sekitarnya. Acara yang digelar di Ruang Diskusi Perputakaan Wonosobo ini berlangsung mulai jam 14.00 sampai jam 18.00 WIB. Di samping acara inti louncing dan bedah dua buku, pembacaan puisi, acara juga dimeriahkan dengan penampilan Teater Banyu berupa musikalisasi Puisi.

Peserta serius ikuti acara
Peserta yang sebagian besar siswa SMPN 1 Wonosobo dan beberapa dari sekolah lain (SMAN 1, SMAN 2, SMKN 1, MTsN, dll ) sangat antusias mengikuti acara. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan pada saat tanya jawab. Dalam hal ini, Haqqi el-Anshary (Budayawan Wonosobo) yang berperan ganda sebagai pembicara sekaligus host menanggapi secara positif. Haqqi sangat bangga dengan motivasi peserta untuk mengetahui lebih lanjut soal tulis-menulis, mengingat kalau “ omongan bisa tertiup angin tetapi tulisan akan tetap abadi”, katanya. Sementara itu, Sugiyatno (Penulis, Pembicara dari Kebumen) memotivasi peserta dengan filosofinya tentang menulis, “ Menulis itu untuk ibadah, sedang penerbitan buku untuk bersilaturahmi dengan kawan penulis. Tulisan akan mengenang sebuah sejarah. Jadi, di mana pun kita usahakan untuk menulis”.
Alysfiska Diffa W. (peserta) mengajukan pertanyaan
Karya sastra berperan dalam pembentukan generasi penerus sastra. Karena itu, Tossa Poetra (Penulis, Editor Buku, Pembicara dari Trenggalek) datang jauh-jauh ke Wonosobo. Menurutnya, “ Wonosobo itu pusatnya Pulau Jawa. Banyaknya sastrawan Wonosobo mudah-mudahan akan menggerakkan perkembangan sastra di Wonosobo dan menjadi pusat sastra Pulau Jawa bahkan Indonesia”. Penggerak sastra Cyber ini menambahkan alasan mengapa acara digelar tanggal 8 September, karena hari itu adalah Hari Baca Tulis Internasional. 
Dena Isti Pasha, penanya yang paling lucu
Sementara itu, Nessa Kartika (Penulis, Pembicara dari Wonosobo) berbagi resep menulis.
" Mengawali sebuah karya dapat dengan sebuah kalimat. Dalam menulis harus selalu fokus. Menulis prosa (cerpen) harus utuh, sedang menulis puisi kita haru memadatkan bahasa dan mengubah bahasa menjadi lebih indah/puitis", kata Nessa. 
Masih tentang resep menulis, Tossa menambahkan beberapa resep menulis menurut beberapa penulis, yakni dengan teori matahari kata (Mas Doyok), Menyebutkan satu kata benda lalu diberi kata kerja dan kata pujian (Mas Rkhmat), Kepala Bernomor (Mas DoyoK), dll. Sebelum acara yang didukung oleh Komunitas Sastra Wonosobo, Komunitas Kamboja, Sembilan Putiara Publishing dan Perpusda Wonosobo usai tampil parade pembacaan puisi oleh Djebeng Asmarasufi, Maria Bo Niok, Stevi Sumangkut, Alfa Ulfalah, Yusuf AN,Vanera El-Arj, dan Pekik Sat Siswonirmolo.

Nessa Kartika, penulis perempuan wonosobo
Sebagai penutup acara adalah Pembagian Dorprize (Buku) bagi peserta yang bertanya, yakni Lintang Madani, Dyah Ayu, Dena Isni Pasha, Alysfiska Diffa Wijaya, Nur Resqi Handhiningsari, Alfa Ulfalah, Eko Hastuti, dan Seorang Siswi dari SMAN 1 Wonosobo. Alhamdulillah, acara yang gratis ini berlangsung dengan meriah dan sukses. (Eko Hastuti)

No comments:

Post a Comment