About Me

About Me
Writer, Pengelola Rumah Baca Istana Rumbia, Staff redaksi Tabloid Taman Plaza, Admin Yayasan CENDOL Universal Nikko (Koordinator bedah cerpen OCK), perias dan Make-up artist PELANGI Asosiasi Entertainment, Crew Wonosobo Costume Carnival dan Crew 'A' Event Organizer (Multazam Network), pernah bekerja di Hongkong dan Singapura. Cerpenis Terbaik VOI RRI 2011, dan diundang untuk Upacara HUT RI ke 66 di Istana Negara bersama Presiden RI. BMI Teladan yang mengikuti Sidang Paripurna DPR RI 2011 dan menjadi tamu Ketua DPD RI. Dinobatkan sebagai Pahlawan Devisa Penulis Cerpen BNP2TKI Tahun 2011. Pemuda Pelopor Dinas Pendidikan, pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah kategori Seni-Budaya Tahun 2012. Menyukai langit, stasiun kereta, dan warna biru. Salah satu penulis Undangan Event Ubud Writers and Readers Festival 2011 di Ubud, Bali. Dapat dihubungi via Email FB/YM : Nessa_kartika@yahoo.com.

Sunday, December 12, 2010

[BUKU] Pengantar Penerbit untuk Karenina, Singa Bauhinia



Pengantar Penerbit untuk Karenina, Singa Bauhinia

 
Kumpulan Cerita
Karenina, Singa Bauhinia, 2010


Judul                  : Karenina, Singa Bauhinia
Penulis               : Nessa Kartika (Singapore) & Karin Maulana (Hong Kong)
Editor                 : Faradina Izdhihary
Peneliti Huruf     : Djodi Budi Sambodo dan Mega Vristian
Desain Sampul  : Hary Prast
Tata Letak         : Hary Prast
Kata Pengantar : Sakban Rosidi Saminoe
Kata Sambutan  : Maria Bo Niok
Penerbit             : Dragon Family Publisher Hong Kong
Tebal                  : [i - xv] 214 halaman
Harga                 : HK HKD 60; SING SGD 10; MLSY RM 20; INA RP 40.000

Ada cukup bukti bahwa lompatan peradaban manusia baru benar-benar dimulai ketika bahasa telah berkembang, dilanjutkan dengan pengembangan sistem tulis, dan mengalami percepatan luar biasa sejak ditemukan dan digunakan mesin cetak. Penggunaan mesin cetak memungkinkan umat manusia tidak saja melestarikan gagasan, tetapi juga menyebarkannya dengan melintas ruang dan waktu. Karena itu, penerbitan, yang secara sederhana berusaha menyebar-luaskan gagasan para penulis kepada para pembaca, merupakan jantung peradaban manusia.

Memang tidak menutup kemungkinan bagi penerbit untuk lebih berpaling kepada pemerolehan keuntungan. Namun demikian, sebagai penerbit yang sejak semula lebih mengutamakan perannya bagi penyebarluasan gagasan dan nilai-nilai --- kebenaran, kebaikan, keadilan, kesejahteraan dan tentu saja keindahan --- Dragon Family Publisher tidak hanya bertumpu kepada karya para penulis mapan. Harus ada ruang bagi sesiapa pun untuk secara merdeka dan bertanggungjawab menuliskan dan menyampaikan gagasan dan nilai-nilai dimaksud.

Kumpulan cerita Karenina Singa Bauhinia, karya bersama Karin Maulana dan Nessa Meta Kartika, ini diterbitkan sebagai bagian dari keberpihakan Dragon Family Publisher terhadap para penulis muda yang penuh semangat. Pengalaman pribadi sekaligus cara pandang baru yang mungkin berbeda dari pengalaman para pembaca, diharapkan tidak hanya memberikan kenikmatan membaca, tetapi juga memperkaya wawasan dan cara pandang para pembaca atas berbagai persoalan kehidupan.

Terimakasih dan penghargaan, pertama-tama disampaikan kepada para penulis yang mempercayakan karyanya untuk diterbikan oleh Dragon Family Publisher. Berikutnya, kepada Faradina Izdhihary atas kesediaan melakukan penyuntingan atas naskah awal, serta Sakban Rosidi Saminoe yang telah bersedia memberikan pengantar kritis atas buku ini.Tak lupa ucapan terimakasih kepada Hary Prast, sebagai perancang sampul dan penata letak, kepada Djodi Budi Sambodo yang bersusah payah meneliti huruf-huruf sebelum naik cetak.

Penghargaan juga diberikan kepada para kritisi, pengapresiasi, dan pembaca awal yang juga telah memberikan komentar-komentarnya atas penerbitan buku ini.

Tiada gading yang tak retak. Karena itu, kritik, saran, dan tegur sapa pembaca akan penerbit terima dengan penuh suka cita. Selamat menikmati.


Hong Kong, Desember 2010

 

Dragon Family Publisher Hong Kong
[a commitment to human civilization]

No comments:

Post a Comment