About Me

About Me
Writer, Pengelola Rumah Baca Istana Rumbia, Staff redaksi Tabloid Taman Plaza, Admin Yayasan CENDOL Universal Nikko (Koordinator bedah cerpen OCK), perias dan Make-up artist PELANGI Asosiasi Entertainment, Crew Wonosobo Costume Carnival dan Crew 'A' Event Organizer (Multazam Network), pernah bekerja di Hongkong dan Singapura. Cerpenis Terbaik VOI RRI 2011, dan diundang untuk Upacara HUT RI ke 66 di Istana Negara bersama Presiden RI. BMI Teladan yang mengikuti Sidang Paripurna DPR RI 2011 dan menjadi tamu Ketua DPD RI. Dinobatkan sebagai Pahlawan Devisa Penulis Cerpen BNP2TKI Tahun 2011. Pemuda Pelopor Dinas Pendidikan, pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah kategori Seni-Budaya Tahun 2012. Menyukai langit, stasiun kereta, dan warna biru. Salah satu penulis Undangan Event Ubud Writers and Readers Festival 2011 di Ubud, Bali. Dapat dihubungi via Email FB/YM : Nessa_kartika@yahoo.com.

Thursday, November 18, 2010

Nessa Karenina

Nessa Kartika adalah nama pena dari Anissa Hanifa. Putri sulung Maria Boniok yang lahir pada 27 mei ini telah menulis dan menggambar sejak ia mengenal pena. Saat ia MI dan SLTP selalu terpilih untuk mewakili sekolah dalam lomba-lomba mengarang dan beberapa kali berhasil meraih juara.

Ia pernah masuk PonPes Modern Assalam Temanggung namun terpaksa drop out saat ia mengalami kecelakaan lalu lintas yang membuat tangannya cedera patah, tahun berikutnya, 1999. Ia masuk SMK N 1 Wonosobo yang kemudian jatuh cinta pada kakak kelasnya yang kemudian menjadi inspirasinya dalam tulis-menulis, karya-karyanya kemudian sering dimuat di beberapa media. Ia menjadi penulis cerpen tetap untuk majalah sekolah. Selain aktif di dunia sastra ia pun aktif sebagai penggiat alam bersama sahabat-sahabatnya di Bhajiro Kosongloro.

Lulus sekolah ia sempat bekerja di Pabrik Garmen di Bandung hingga ia memutuskan untuk bekerja di Hongkong. namun di Hongkong ia tak bernasib baik karena menjadi korban kekerasan dari majikannya. Beruntung ia berhasil kabur dan pulang ke Indonesia dengan selamat.

Ia kemudian bekerja di sebuah stasiun radio swasta dengan nama udara Nessa Kartika. Nama yang dipakainya hingga sekarang. Tahun 2004 Ia menikahi Wahidun M dan tahun berikutnya melahirkan seorang putra, muhammad Axl Satriaji Wahid, Lalu kembali memutuskan untuk bekerja ke luar negeri. kali ini ia ke Singapura.

Di Singapura inilah ia bekerja untuk keluarga Ang dan Keluarga Lim yang mendukungnya berkreasi di dunia maya. hingga tahun 2010, salah satu puisinya yang berjudul "Ada Apa" terpilih dan masuk dalam buku "Luka Tanah Priok", Disusul Pengalaman berpuasanya di negeri Singa masuk dalam buku antologi pengembara, "30 Hari Dalam Cinta-Nya".
Buku "Karenina : Singa Bauhinia" ini adalah merupakan buku ke tiganya yang merupakan hasil duet nya dengan sahabat facebooknya, Karin maulana.

Kini ia aktif menulis di Facebook dan di blognya. Nessakartika.blogspot.com

No comments:

Post a Comment