About Me

About Me
Writer, Pengelola Rumah Baca Istana Rumbia, Staff redaksi Tabloid Taman Plaza, Admin Yayasan CENDOL Universal Nikko (Koordinator bedah cerpen OCK), perias dan Make-up artist PELANGI Asosiasi Entertainment, Crew Wonosobo Costume Carnival dan Crew 'A' Event Organizer (Multazam Network), pernah bekerja di Hongkong dan Singapura. Cerpenis Terbaik VOI RRI 2011, dan diundang untuk Upacara HUT RI ke 66 di Istana Negara bersama Presiden RI. BMI Teladan yang mengikuti Sidang Paripurna DPR RI 2011 dan menjadi tamu Ketua DPD RI. Dinobatkan sebagai Pahlawan Devisa Penulis Cerpen BNP2TKI Tahun 2011. Pemuda Pelopor Dinas Pendidikan, pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah kategori Seni-Budaya Tahun 2012. Menyukai langit, stasiun kereta, dan warna biru. Salah satu penulis Undangan Event Ubud Writers and Readers Festival 2011 di Ubud, Bali. Dapat dihubungi via Email FB/YM : Nessa_kartika@yahoo.com.

Monday, March 23, 2020

YOU DON'T LOOK SICK

YOU DONT LOOK SICK

Curhat ya, guys
kemaren ada yang komen di WA aku, orang katanya lagi sakit lagi HD kok tampil prima make up an segala malah kadang update selfi2, makan2, postingan jalan-jalan, dsb.Trus dia nyinyir bandingin dong orang sakit bla bla bla ...

Dikira sakit bohongan kali ya... 

Aku sebenarnya nggak mau nulis ini, tapi kalian mungkin perlu tahu. Gimana sih kondisi pasien #Gagalginjalkronis (GGK) yang menjalani terapi #cucidarah #hemodialisa #dialysis kayak aku? 

Guys,
#Gagalginjal memang permanen, ini bukan penyakit, tapi penurunan fungsi ginjal, untuk stadium 5 kayak aku ginjal dah soak dua-duanya, (yes, manusia punya 2 ginjal) fungsi dah sekitar di bawah 15% aja. Artinya, air yang tiap hari kuminum dan racun dah ga bisa keluar secara alami lewat urine alias pipis alias BAK, muter lagi di tubuh, air dan racun ini yang bikin mukaku kadang bengkak dan keluhan lain yg sering kutulis. 
Jadi, fungsi ginjal utk mengeluarkan racun dalam darah digantikan oleh mesin. 

Makanya 2 x seminggu harus ke RS untuk cuci darah. Pengobatannya RAWAT JALAN jadi bener sering keluar masuk RS, SELAIN ITU AKTIFITASKU MASIH NORMAL.

OTAK NORMAL, TANGAN NORMAL, KAKI NORMAL, ORGAN LAIN NORMAL, BICARA NORMAL. (Sory nge-gass... aku agak kesel...)

FYI tiap hari aku masih kerja. Kerjaku juga bukan di belakang meja, tapi sering ke pelosok pelosok desa ketemu orang banyak. Ga usah disebutin lah kerja sama siapa. Jadi wajar dong dandan...

NGGAK PENTING BGT ADA YG KOMEN SOAL INI SAMPE SEGITUNYA. 

Tiap senin kamis, sesibuk apapun aku jam 13.00 WIB teng harus sampe rumah sakit utk cuci darah. Nggak enak, guys. Tapi ini wajib kalo mau tetep hidup normal. Selamanyanya, Seumur hidup, kecuali kalau mau ganti ginjalnya, transplantasi. Ini ginjal ciptaan Allah, guys. Ga ada spare part-nya. Kecuali ambil dari tubuh orang lain.

Lagian seminggu ada 7 hari, buat HD cuma 2 hari aja, itupun siang, emangnya selain itu aku kudu rebahan aja?

So, doakan saja aku tetep semangat. Allah yang tahu berapa panjang umurku, jadi selama masih bisa bernafas semoga aku masih bisa berkegiatan yang manfaat.

You just never see the lowest point of my life sebelum ngatain. 😪😪😪 makanya banyak-banyak minum Aqu*a

No comments:

Post a Comment